Rabu, 21 November 2012

Pernikahan di Thailand

KATA PENGANTAR

            Puji syukur penulis ucapkan kehadirat  Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah Antropobiologi yang berjudul “Pernikahan Adat Thailand”.

            Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menyelesaikan tugas / ujian UTS mata kuliah Antropobiologi.

            Dalam penulisan makalah ini tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi, namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan makalah ini tidak lain dan tidak bukan berkat bantuan dan dorongan dari orang – orang sekitar.

Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada :

1.      Ibu Yaswinda,M.Pd selaku dosen mata kuliah Antropobiologi yang telah memberi tugas serta petunjuk kepada penulis sehingga penulis termotifasi dan menyelesaikan makalah ini.

2.       Orang tua yang telah turut memberikan dorongan dan bimbingan sehingga tugas dan penulisan makalah ini selesai.

3.      Teman – teman yang memberikan dorongan dan membantu terselasai nya makalah ini.

Semoga materi ini bermamfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkan, khusus nya bagi penulis sehingga tujuan yang di harapkan dapat tercapai. Amin.

                                                                                    Padang, 21 April 2011

                                                                                               

Penulis

 

    i

 

DAFTAR ISI

halaman

Kata Pengantar …………………………………………………………i

Daftar Isi…………………………………………………… ………….ii

BAB I PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang………………………………………………….1

1.2              Batasan Masalah………………………………………………..1

1.3              Rumusan Masalah………………………………………………1

1.4              Tujuan Penulisan………………………………………………..2

BAB II PEMBAHASAN

2.1  Tradisi Pernikahan Thailand……………………………………….3

2.2  Proses Pernikahan di Thailand……………………………………..4

2.3 Metode Pernikahan di Thailand…………………………………….4

BAB III PENUTUP

3.1              Kesimpulan………………………………………………..7

3.2              Saran  ……………………………………………………..7

Referensi

Lampiran Gambar

 

 

 

ii

BAB I

PENDAHULUAN

1.      LATAR BELAKANG MASALAH

Pernikahan merupakan salah satu bentuk ibadah. Pernikahan juga merupakan salah satu sunah rasul dan itu wajib di lakukan oleh setiap muslim yang sudah mampu atau siap melaksanakannya.

Pernikahan juga di atur dalam UU, yaitu pasal 22 UU nomor 01 tahun 1974, perkawinan yang telah memenuhi sarat keagamaan dan kepercayaan itu segera disusul dengan pendaftaran atau pencatatan.

Pernikahan di daerah bahkan di negara sekalipun tidak sama,kalaupun ada persamaan pasti ada juga memiliki perbedaan. Tradisi pernikahan daerah Padang berbeda dengan tradisi pernikahan di daerah Pasaman, begitu juga dengan negara Thailand,negara Thailand juga mempunyai perbedaan dalam proses pernikahan dengan negara-negara lain di dunia.

Negara Thailand mempunyai tradisi pernikahan dan proses pernikahan serta metode  pernikahan yang unik dan berbeda dengan negara lain karena mereka menjunjung tinggi kepercayaan atau agama dalam proses ini. 

 

2.      BATASAN MASALAH

Dari masalah yang di uraikan di atas dapat dirumuskan beberapa masalah yaitu :

1.      Tradisi pernikahan Thailand

2.      Proses pernikahan Thailand

3.      Metode pernikahan Thaland

 

3.      RUMUSAN MASALAH

Dari batasan masalah di atas dapat di rumuskan :

1.      Bagaimana bentuk tradisi pernikahan di Thailand

2.      Bagaiman proses pernikan di Thailand

3.      Bagaiman metode pernikahan di Thailand

 

 

1

 

 

4.      TUJUAN PENULISAN

 

Tujuan umum penulisan dari makalah ini adalah mendapatkan wawasan dan pengetahuan tentang pernikahan adat di negara Thailand.

Tujuan khusus nya,adalah :

1.      Mengetahui tradisi pernikahan di Thailand.

2.      Mengetahui proses pernikahan di Thailand.

3.      Mengetahui metode pernikahan di Thailand.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

BAB II

PEMBAHASAN

 

1.      Tradisi Pernikahan Thailand

 

Sebagian besar pasangan di Thailand lebih memilih bertunangan dan upacara perkawinan mereka dilaksanakan pada hari yang sama. Pertunangan dilaksanakan pada pagi hari, diikuti dengan upacara perkawinan pada siang hari dan resepsi perkawinan pada malam hari.

Perkawinannya itu ditentukan oleh seorang biarawan/pendeta Budha yang menentukannya berdasarkan pada ulang tahun dan tanggal kelahiran dari pasangan calon pengantin itu untuk mendapatkan hari yang dianggap paling cocok  dan baik bagi mereka.

Tetapi sebelum upacara pertunangan dilakukan, orang tua calon mempelai pria harus memohon persetujuan kepada orang tua calon mempelai perempuan dan menanyakan nilai mas kawin yang mereka kehendaki. Dalam bahasa setempat mas kawin itu dinamakan thong mun  (thong berarti emas, dan mun berarti pertunangan) ada juga yang di sebut dengan “Dosa sodt” dan nilainya ditentukan oleh keluarga calon pengantin perempuan. Mas kawin itu biasanya dalam bentuk perhiasan emas dan uang, dan kadang-kadang juga dapat berupa properti. Dan akan kembali ke pengantin setelah pernikahan itu terjadi.

Para pengantin di thailand biasa nya tidak mendaftarkan perkawinan nya, karena menurut mereka pemberkatan secara Agama Budha di anggap lebih penting daripada legislatif ( secara hukum ). Tetapi ada juga pasangan yang selain melakukan upacara pernikahan, mereka juga mendaftarkan pernikahan mereka secara hukum di kantor Amphur setempat.

 

3

2.      Proses Pernikahan di Thailand

Sepanjang upacara, mempelai perempuan dan pria masing-masing memakai                       rangkaian bunga pada kepala mereka yang terhubung menjadi satu. Kemudian orang tua dan para sesepuh baik dari keluarga pasangan pengantin perempuan maupun pengantin pria akan memberikan berkat bagi kedua mempelai, yang berlutut di hadapan mereka, dengan cara menuangkan air pada kedua telapak tangan mempelai yang dipertautkan menjadi satu (satu telapak tangan pengantin perempuan menempel pada satu telapak pengantin pria). Menggunakakn suatu jenis kerang tertentu untuk menuang air tersebut. Kadang-kadang para biarawan/pendeta diundang untuk membacakan kitab suci Budha.

3.      Model Pernikahan di Thailand

Ø  Pernikahan di Thailand menurut Agama Budha

Upacara perkawinan Thailand antara umat Buddha pada umumnya dibagi menjadi dua bagian,yaitu:

·         Buddha komponen, yang mencakup pembacaan doa dan persembahan makanan dan hadiah-hadiah lainnya untuk para biarawan dan gambar Buddha.

·         Komponen non-Buddhis berakar pada tradisi rakyat, yang berpusat pada pasangan suami-istri.

Pada zaman dulu, Para biksu Budha tidak begitu di undang untuk hadir pada setiap tahapan upacara perkawinan itu sendiri. Karena ada mitos yang di percaya masyarakat bahwa apabila ada biarawan diminta untuk mengurus pemakaman orang mati selama mereka menghadiri sebuah pernikahan, maka hal itu dianggap pertanda buruk bagi rumah tangga pengantin nantinya. Dan untuk mengatasi hal itu mereka akan mencari berkat dari kuil setempat sebelum atau sesudah pernikahan tersebut, dan mungkin berkonsultasi dengan seorang biarawan untuk astrologi nasihat yang di tuakan. Non-Buddhis bagian dari pernikahan akan berlangsung jauh dari kuil, dan akan sering terjadi pada hari yang terpisah.

4

Pada zaman modern, pernikahan terjadi di dalam kuil. Sementara sebuah divisi masih biasa terlihat antara agama  dan  sekuler  bagian layanan pernikahan, mungkin sederhana seperti para biarawan hadir dalam upacara Buddhis berangkat untuk mengambil peran mereka setelah makan siang selesai.

Selama biarawan mengikuti proses pernikahan, pasangan melakukan pemujaan di hadapan patung Buddha. Mereka kemudian membacakan doa-doa Buddha tertentu atau nyanyian (biasanya termasuk mengambil Tiga perlindungan dan Lima ajaran), dan menyalakan dupa dan lilin sebelum pengambilan gambar. Para orangtua dari pasangan kemudian dapat dipanggil untuk menghubungkan mereka,yaitu dengan menempatkan benang di atas kepala pengantin yang mengaitkan pasangan tersebut. Pasangan mungkin kemudian membuat persembahan makanan, bunga, dan obat-obatan kepada para biarawan sekarang. Hadiah uang tunai (biasanya ditempatkan dalam sebuah amplop) mungkin juga akan disajikan ke kuil pada saat ini.

Para biarawan berkumpul dan memulai membacaan serangkaian kitab suci Pali untuk membawa pahala dan berkah bagi pasangan baru. String berakhir dengan memimpin biarawan, yang mungkin terhubung ke sebuah wadah air yang akan gunakan untuk upacara. Merit dikatakan perjalanan melalui string dan akan disampaikan kepada air pengaturan yang sama digunakan untuk mentransfer pahala kepada orang mati di pemakaman, bukti lebih lanjut dari melemahnya pencampuran tabu pada citra dan simbol-simbol penguburan dengan upacara perkawinan. Kemudian air dicampur dengan lilin, tetesan dari menyalakan lilin di depan gambar Buddha dan rempah-rempah lainnya untuk menciptakan sebuah ‘paste’ yang kemudian di cap pada dahi pengantin untuk membuat bintik kecil mirip dengan yang dibuat dengan oker merah Hindu devotees. Tanda pengantin wanita diciptakan dengan gagang akhir lilin daripada jempol biarawan itu, sesuai dengan Vinaya menyentuh larangan terhadap perempuan.

Setelah itu,Peringkat tertinggi rahib dapat dipilih untuk mengucapkan beberapa patah kata kepada pasangan, menawarkan nasihat atau dorongan. Pasangan mungkin kemudian membuat persembahan makanan kepada para biarawan, di mana bagian Buddhis dari upacara ini menyimpulkan.

5

Ø  Pernikahan Muslim Thailand

Komponen keagamaan upacara perkawinan antara Muslim Thailand sangat berbeda dengan proses pernikahan pada penganut agama Budha. Imam masjid setempat, pengantin laki-laki, ayah pengantin perempuan, laki-laki dalam keluarga dan orang-orang penting dalam masyarakat duduk dalam lingkaran selama upacara, yang dilakukan oleh Imam. Semua wanita, termasuk pengantin, duduk di ruang yang terpisah dan tidak memiliki partisipasi langsung dalam upacara. Komponen sekuler upacara Namun, sering hampir identik dengan sekuler bagian dari upacara pernikahan Buddha Thailand. Satu-satunya perbedaan penting di sini adalah jenis daging yang disajikan kepada tamu (kambing dan / atau daging sapi daripada daging babi). Thai Muslim sering, meskipun tidak selalu, juga mengikuti konvensi Thai sistem mas kawin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6         

BAB III

PENUTUP

 

1.      KESIMPULAN

            Pernikahan di Thailand adalah pernikahan yang agamais karena dalam proses pernikahan tersebut di jalan kan dalam naungan agama, baik para penganut agama Budha maupun penganut Agama Islam.

            Selama proses pernikahan tersebut pengantin di tuntun oleh biarawan / bitsu atau imam untuk melakukan proses pernikahan yang sah dan diberkati oleh Tuhan yang mereka percayai.

            Dalam pernikahan di Thailand juga melakukan pemberian restu dari orang tua, sesepuh dan orang-orang terdekat dalam keluarga,yaitu dengan berlutut di hadapan mereka,dan mereka memberikan restu dengan cara menuangkan air khusus yang di gunakan untuk itu kepada tangan mengantin yang di satukan.

2.      SARAN

         Dari pembahasan di atas,seharusnya kita tidak melupakan adat dan agama dalam melaksakan pernikahan.

 

 

 

 

 

7

REFERENSI

http://erabaru.net/kehidupan/45-gaya-hidup/7047-tradisi-pernikahan-thailand

http://wm-perkahwinan-pernikahan-thailand.blogspot.com/

Whttp://www.thai-blogs.com/2008/08/23/thai-wedding-photos/edding Photos

 

 

 

1 komentar:

  1. The best slot machines on the internet
    Find 고양 출장샵 out why so many people love this game and why you should play 용인 출장샵 it, and more in our guide. Find 광명 출장마사지 out why you 태백 출장마사지 should 수원 출장안마 play it now and see how popular

    BalasHapus